hujan

Selasa, 29 Januari 2013

Cara Ganti Wiper Mobil

Cara Ganti Wiper Mobil



Wiper pada mobil mempunyai fungsi yang sangat penting khususnya pada musim hujan seperti ini. Selain sebagai akessoris mobil, wiper pada mobil juga berfungsi sebagai alat pengaman pada mobil karena jika wiper tidak berfungsi pada saat hujan akan mengganggu pandangan pengemudi. Oleh karena itu jika ingin mengoptimalkan kembali kinerja wiper mobil kita, sebaiknya kita ganti dnegan wiper mobil yang baru. Namun bagaimana cara memasang wiper mobil jika kita malas pergi ke teknisi? Berikut adalah info berharga mengenai cara pemasangan wiper yang baik dan benar.

Langkah pertama sebelum memasang wiper mobil baru adalah mengukur terlebih dahulu setiap inci wiper lama yang dahulu menempel pada mobil. Ketika kita akan membeli wiper baru,s ebaiknya kita pilih wiper baru yang memiliki ukuran yang sama dengan wiper lama. Tujuannya adalah agar wiper baru akan mudah dipasang pada kaca mobil. Langkah berikutnya adalah melepaskan wiper lama dari kaca mobil. Caranya adalah tekan dan doronglah wiper ke arah bawah untuk melepaskan kontruksi wiper dari pijakannya.

Kemudian lakukan cara yang sama pada wiper yang lainnya. langkah selanjutnya adalah bersihkan pijakan wiper terlebih dahulu sebelum memasangkanya dengan wiper baru. Dan langkah terakhir adalah pasanglah kedua wiper baru pada pijakan wiper yang sudah dibersihkan tadi. Pastikan bahwa wiper terpasang dengan baik dan benar pada pijakan/ kontruski wiper. Dan pastikan juga bahwa rumah wiper bertautan dengan benar dan sempurna.

Untuk mengecek apakah wiper baru sudah berfungsi dengan benar atau tidak bisa dilakukan dengan menggerakan motor penggerak wiper pada kaca mobil. Setelah wiper bergerak, cermati sapuan wiper yang baru kita pasang dan sesekali coba kita semprotkan air pada kaca mobil hanya sekedar untuk memastikan bahwa wiper sudah berfungsi dengan sempurna. Perhatikan pula sapuan wiper apakah sudah sempurna atau belum. Jika sapuan wiper masih meninggalkan bekas buram pada kaca sebaiknya kiat cek lagi karet pada wiper. Wiper yang berkualitas bagus tidak akan menimbulkan goresan pada kaca mobil. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih wiper mobil dengan kualitas tinggi agar kaca mobil kita terhindar dari goresan karena wiper.

Jika kita tidak ingin mengganti wiper lama, kita bisa merevitalisasi wiper lama kita agar lebih maksimal kinerjanya. Namun akan lebih optimal lagi jika kita menggunakan wiper baru yang mempunyai kaulitas tinggi karena wiper yang baru akan menambah performa mobil kita lebih bagus dan akan menjamin keamanan pada saat mengemudi di musim penghujan.

Wiper untuk mobil produk Toyota mempunyai ketebalan wiper yang lebih rendah sehingga akan lebih mudah untuk dipasang. Kemudian untuk merk dan model wiper, hampir semua produk mobil Toyota cocok untuk menggunakan model dan merk wiper apa saja. Model dan merk wiper akan sangat tergantung pada selera pemilik mobil. Poin yang paling penting dalam memasang wiper mobil adalah memasang wiper baru pada kaca mobil dengan baik benar sehingga wiper pun akan berfungsi secara optimal.
sumber :http://www.toyota.co.id/company/news/article.php?article_id=5289

Tidak ada komentar:

Posting Komentar