hujan

Selasa, 29 Januari 2013

Struktur Jaringan

Struktur Jaringan

Ide pokok dari jaringan mungkin sudah setua usia telekomunikasi itu sendiri. Coba anda bayangkan ketika anda harus tinggal di jaman batu, yang ketika itu gendang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Andaikan manusia gua A ingin mengundang manusia gua B untuk bermain, tapi jarak B terlalu jauh dari A untuk mendengar suara gendang yang dibunyikannya. Apa yang akan dilakukan oleh A? Mungkin si A akan datang langsung ke tempat B, membunyikan gendang yang lebih besar, atau meminta C yang tinggal di antara A dan B untuk menyampaikan pesan ke B. Pilihan terakhir inilah yang merupakan dasar dari jaringan.
Terlepas dari masalah jaman batu, sekarang kita memiliki komputer yang canggih. Dimana komputer yang kita miliki sekarang dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui kabel tembaga, kabel optik, gelombang microwave, dan medium komunikasi lainnya.
Sebagai hasil dari usaha para programmer dari seluruh dunia, Linux tidak akan tercipta tanpa Internet. Jadi tidaklah mengherankan apabila pada tahap awal pengembangan, beberapa orang mulai mengerjakan kemampuan jaringan di Linux. implementasi UUCP di Linux sudah ada sejak awal dan jaringan dengan basis TCP/IP mulai dikerjakan sejak musim gugur 1992, ketika Ross Biro dan yang lainnya mengerjakan sesuatu yang kini disebut dengan Net-1.
Setelah Ross berhenti dalam pengembangan pada Mei 1993, Fred Van Kempen mulai bekerja pada implementasi yang baru, menulis ulang bagian terbesar dalam kode. Proyek ini dikenal dengan Net-2. Peluncuran yang pertama adalah Net-2d, dibuat pada musim panas 1993, dan telah dibantu kembangkan oleh beberapa orang, terutama Alan Cox. Hasil pekerjaan Alan dikenal dengan nama Net-3 setelah Linux 1.0 diluncurkan. Kode Net-3 masih dikembangkan lebih lanjut untuk Linux 1.2 dan Linux 2.0. Kernel 2.2 dan seterusnya menggunakan versi Net-4 untuk mendukung jaringan, yang masih tetap menjadi standar sampai saat ini.
Kode untuk jaringan Linux Net-4 menawarkan berbagai macam driver dan kemampuan khusus. Protokol standar Net-4 mencakup :
Sedangkan kemampuan standar Net-4 mencakup firewall IP, penghitungan IP, dan IP masquerade. IP tunneling dalam berbagai sudut dan kebijaksanaan routing juga didukung. Dukungan untuk berbagai macam tipe perlatan ethernet, untuk mendukung FDDI, Token Ring, Frame Relay, ISDN, dan kartu ATM.
Sebagai tambahan ada beberapa kemampuan yang sangat mendukung fleksibilitas dari Linux. Kemampuan ini termasuk implementasi sistem berkas SMB, yang bekerja bersama dengan aplikasi seperti lanmanager dan Ms. Windows, yang disebut Samba, yang diciptakan oleh Andrew Tridgell, dan sebuah implementasi Novell NCP (Protokol Inti Netware).
Implementasi jaringan Net-4 sekarang cukup matang dan digunakan dalam banyak situs di seluruh dunia. Banyak waktu yang tersita untuk meningkatkan kemampuan implementasi Net-4. Linux juga seringkali digunakan dalam lingkungan penyedia jasa Internet (ISP).
Sedangkan kemampuan standar Net-4 mencakup firewall IP, penghitungan IP, dan IP masquerade. IP tunneling dalam berbagai sudut dan kebijaksanaan routing juga didukung. Dukungan untuk berbagai macam tipe perlatan ethernet, untuk mendukung FDDI, Token Ring, Frame Relay, ISDN, dan kartu ATM.
Sebagai tambahan ada beberapa kemampuan yang sangat mendukung fleksibilitas dari Linux. Kemampuan ini termasuk implementasi sistem berkas SMB, yang bekerja bersama dengan aplikasi seperti lanmanager dan Ms. Windows, yang disebut Samba, yang diciptakan oleh Andrew Tridgell, dan sebuah implementasi Novell NCP (Protokol Inti Netware).
Implementasi jaringan Net-4 sekarang cukup matang dan digunakan dalam banyak situs di seluruh dunia. Banyak waktu yang tersita untuk meningkatkan kemampuan implementasi Net-4. Linux juga seringkali digunakan dalam lingkungan penyedia jasa Internet (ISP). Linux digunakan untuk membangun World Wide Web (WWW) server, mail server, dan news server yang murah dan terjamin. Sekarang ini sudah ada pengembangan yang cukup besar dalam Linux, dan beberapa versi kernel Linux saat ini menawarkan generasi terbaru IPv6 sebagai suatu standar.
Mengingat besarnya peran timbal balik antara pengembangan Linux dan jaringan, mungkin akan sulit bagi kita untuk membayangkan Linux tanpa dukungan jaringan yang standar.
Kita akan membahas tiga macam tipe jaringan, tapi fokus utama akan diarahkan pada TCP/IP karena protokol inilah yang paling populer digunakan baik dalam jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih besar (WAN), seperti Internet. Kita juga akan mempelajari UUCP dan IPX. Dahulu kala UUCP banyak digunakan untuk mengirim berita (news) dan pesan (mail) melalui koneksi telepon dialup. Memang saat ini UUCP sudah jarang digunakan, tapi tetap masih berguna dalam situasi tertentu. Sedangkan protokol IPX banyak digunakan dalam lingkungan Novell Netware dan di bagian belakang akan dijelaskan lebih lanjut cara mengkoneksikan mesin Linux anda dengan jaringan Novell. Ketiganya merupakan protokol jaringan dan digunakan untuk medium pengiriman data antar komputer.
Kita mendefinisikan jaringan sebagai kumpulan host yang dapat berkomunikasi satu dengan lainnya, yang seringkali bergantung pada pelayanan (service) dari beberapa host komputer yang dikhususkan fungsinya sebagai relay data antar komputer. Host biasanya berupa komputer, tapi tidak selalu, X terminal dan printer cerdas juga bisa dianggap sebagai suatu host. Sekelompok kecil host disebut sebagai situs.
Komunikasi adalah mustahil tanpa bahasa atau kode yang dapat digunakan untuk komunikasi. Dalam jaringan komputer, bahasa ini seringkali dianalogikan protokol. Tapi perlu diingat, anda tidak bisa membayangkan protokol ini adalah suatu aturan yang tertulis, tapi lebih sebagai kode yang telah diformat sedemikian hingga. Dalam bahasa yang sama, protokol digunakan dalam jaringan komputer adalah bukan apa-apa melainkan suatu aturan tegas untuk pertukaran pesan antara dua atau lebih host.


Cara Ganti Wiper Mobil

Cara Ganti Wiper Mobil



Wiper pada mobil mempunyai fungsi yang sangat penting khususnya pada musim hujan seperti ini. Selain sebagai akessoris mobil, wiper pada mobil juga berfungsi sebagai alat pengaman pada mobil karena jika wiper tidak berfungsi pada saat hujan akan mengganggu pandangan pengemudi. Oleh karena itu jika ingin mengoptimalkan kembali kinerja wiper mobil kita, sebaiknya kita ganti dnegan wiper mobil yang baru. Namun bagaimana cara memasang wiper mobil jika kita malas pergi ke teknisi? Berikut adalah info berharga mengenai cara pemasangan wiper yang baik dan benar.

Langkah pertama sebelum memasang wiper mobil baru adalah mengukur terlebih dahulu setiap inci wiper lama yang dahulu menempel pada mobil. Ketika kita akan membeli wiper baru,s ebaiknya kita pilih wiper baru yang memiliki ukuran yang sama dengan wiper lama. Tujuannya adalah agar wiper baru akan mudah dipasang pada kaca mobil. Langkah berikutnya adalah melepaskan wiper lama dari kaca mobil. Caranya adalah tekan dan doronglah wiper ke arah bawah untuk melepaskan kontruksi wiper dari pijakannya.

Kemudian lakukan cara yang sama pada wiper yang lainnya. langkah selanjutnya adalah bersihkan pijakan wiper terlebih dahulu sebelum memasangkanya dengan wiper baru. Dan langkah terakhir adalah pasanglah kedua wiper baru pada pijakan wiper yang sudah dibersihkan tadi. Pastikan bahwa wiper terpasang dengan baik dan benar pada pijakan/ kontruski wiper. Dan pastikan juga bahwa rumah wiper bertautan dengan benar dan sempurna.

Untuk mengecek apakah wiper baru sudah berfungsi dengan benar atau tidak bisa dilakukan dengan menggerakan motor penggerak wiper pada kaca mobil. Setelah wiper bergerak, cermati sapuan wiper yang baru kita pasang dan sesekali coba kita semprotkan air pada kaca mobil hanya sekedar untuk memastikan bahwa wiper sudah berfungsi dengan sempurna. Perhatikan pula sapuan wiper apakah sudah sempurna atau belum. Jika sapuan wiper masih meninggalkan bekas buram pada kaca sebaiknya kiat cek lagi karet pada wiper. Wiper yang berkualitas bagus tidak akan menimbulkan goresan pada kaca mobil. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih wiper mobil dengan kualitas tinggi agar kaca mobil kita terhindar dari goresan karena wiper.

Jika kita tidak ingin mengganti wiper lama, kita bisa merevitalisasi wiper lama kita agar lebih maksimal kinerjanya. Namun akan lebih optimal lagi jika kita menggunakan wiper baru yang mempunyai kaulitas tinggi karena wiper yang baru akan menambah performa mobil kita lebih bagus dan akan menjamin keamanan pada saat mengemudi di musim penghujan.

Wiper untuk mobil produk Toyota mempunyai ketebalan wiper yang lebih rendah sehingga akan lebih mudah untuk dipasang. Kemudian untuk merk dan model wiper, hampir semua produk mobil Toyota cocok untuk menggunakan model dan merk wiper apa saja. Model dan merk wiper akan sangat tergantung pada selera pemilik mobil. Poin yang paling penting dalam memasang wiper mobil adalah memasang wiper baru pada kaca mobil dengan baik benar sehingga wiper pun akan berfungsi secara optimal.
sumber :http://www.toyota.co.id/company/news/article.php?article_id=5289

sistem bahan bakar diesel setep l

 sistem bahan bakar diesel setep l
Pompa Pengalir dan Saringan Solar
A. Pompa pengalir sistem torak

Nama – nama bagian :
1. Pompa tangan
2. Katup hisap
3. Katup tekan
4. Penumbuk rol
5. Rumah pompa
6. Torak / piston
7. Pegas
8. Saringan kasa
9. Tabung gelas
10. Nipel hisap
11. Nipel tekan
B. Pompa pengalir kerja tunggal
a) Langkah antara

Cara kerja :
Penumbuk rol ditekan kebawah oleh eksentrik, volume dibawah torak menjadi kecil, katup tekan membuka
Solar mengalir keruang diatas torak karena, volume diatas torak menjadi lebih besar
Pada langkah ini tidak terjadi pengisapan dan penekanan solar
b) Langkah isap dan tekan

Cara kerja :
Eksentrik tidak menekan penumbuk rol, torak ditekan keatas oleh pegas,
Volume dibawah torak menjadi besar katup hisap membuka
Solar dihisap dari tangki lewat saringan kasa, volume diatas torak menjadi lebih kecil, katup tekan menutup, solar ditekan kesaringan halus
C. Pompa pengalir kerja ganda
a) Langkah melawan pegas

Cara kerja :
Penumbuk rol ditekan oleh eksentrik
Volume dibawah torak menjadi lebih kecil, solar mengalir keluar melalui KT1 volume diatas torak menjadi lebih besar
Solar mengalir melalui KI2 kedalam ruang atas torak.
b) Langkah pengembali

Cara kerja :
Torak bergerak keatas karena tekanan pegas, volume diatas torak menjadi lebih kecil, solar mengalir keluar melalui KT2 volume dibawah torak menjadi lebih besar, solar mengalir dari tangki melalui KI1 keruang dibawah torak
Pompa ini digunakan untuk motor Diesel besar
D. Pompa pengalir sistem membran

1. Tuas
2. Pegas
3. Katup masuk / hisap
4. Katup buang / tekan
5. Membran

Cara kerja :
Tuas ditekan oleh eksentrik. Membran turun kebawah,
Volume diatas membran menjadi besar, katup hisap membuka, solar masuk keruang diatas membran
Langkah tekan

Cara kerja :
Membran bergerak keatas karena tekanan pegas volume diatas membran menjadi kecil, katup tekan akan membuka, solar ditekan keluar melalui katup tekan
sumber : http://xlusi.com/sistem-bahan-bakar-diesel-step-i-mesin-bensin-truck-truk-bis-repair-memperbaiki-torak-mobil-otomotif-pompa-solar.html

Senin, 28 Januari 2013

Langkah-langkah membongkar mesin


Langkah-langkah membongkar mesin

Pehatikan langkah-langkah dalam membongkar, memeriksa, dan merakit kembali komponen-komponen mesin,supaya mesin dapat dirakit dengan cepat,sempurnasesuai dengan spesifikasi.
Langkah-langkah membongkar mesin :
1. Keluarkan oli mesin dengan cara membuka baut pembuanag pada carter
2. Lepaskan stater motor dengan car membuka dua buah baut stater.
3. pisahkan transmisi dan mesin dengan cara membuka bautnya
4. Lepaskan penutup kopling dan plat kopling
5. Lepaskan flywheel dengan cara membuka baut pengikatnya.
6. Letakan mesin pada overhaul stand.
7. Lepaskan exhaust manifold dan intake manifold
8. Lepaskan saringan oli
9. Lepaskan tutup pushrod dan valve filter
10. Lepaskan V belt dan alternator dari dudukannya
11. Buka kioas dan pulinya
12. Buka rumah-rumah thermostat.
13. Buka pompa air dengan cara membuka baut pengikatnya
14. Lepas crankshaft pulley.
15. Buka tutup timing gear.
16. perhatikan tanda-tanda timing yang terdapat pada roda gigi poros englo,roda gigi idler,roda gigi poros bubungan,dan roda gigi pompa injeksi (automotive timer),kemudian lepass timing gear
17. Buka mur pengikat automotive timer,dan lepas timernya denggan menggunakn puller
18. Lepas selang-selang bahan bakar dan saringan bahan bakar
19. Lepas pipa-pipa tekanan tinggi penghubung pompa injeksidengan injector.
20. Lepas pompa injeksi dari dudukannya .
21. Lepas busi pijar dan penghubungnya
22. Buka injector
23. Lepas tutup kepala slinder
24. Lepas poros rocker arm
25. Keluarkan pushrod dan valve filter
26. Buka baut--baut kepala slinder,denga urutan dari bagian luar menuju ke bagian tengah secara silang
27. Lepaskan kepala slinder dan gasket kepala slinder
28. Buka karter oli
29. Buka pompa oli
30. Lepaskan poros bubungan,dengan terlebih dahulu membuka baut pengikatnya
31. Lepaskan tutup batang torak denga cara membuka mur pengikatnya
32. Lepakan torak an kelengkapannya dari blok slinder,dan beri tanda supaya tidak tertukar
33. Buka baut pengikat bantalan utama dan lepas tutup bantalan utama
34. Lpepaskan poros engkol dan simpan pada dudukan poros engkol.
35. Lepaskan katup dan kelengkapannya dari kepela slinder dengan menggunakan valve spring compressor
36. Penyimpanan bantalan,katup-katup,pegas katup,dan komponen yang lainya harus diberi tanda supaya tidak tertukar.
sumber  : http://sistem-otomotif.blogspot.com/2010/03/langkah-langkah-membongkar-mesin.html